Senin, 04 Oktober 2010

TENTANG BUKU KUMPULAN CERPEN BAU BAYI TERAPIKU


Tri Irianto
Bau Bayi Terapiku dan 20 Cerita Pendek Lainnya
xvi + 140 hlm; 14 x 21 cm
ISBN: 978-979-1392-15-0
Penerbit : Adi Wacana - Yogyakarta


Buku Bau Bayi Terapiku dan 20 Cerita Pendek Lainnya karya Tri Irianto ini menjadi bacaan yang menarik untuk mengamati pilihan-pilihan penulis dalam mengembangkan karakter hiburan tersebut. Oleh penulisnya, kekuatan "bahasa yang cerdas" disemayamkannya pada narasi cerita, dialog, serta kombinasi dari keduanya. Sekalipun demikian, "kecerdasan" itu justru terlihat amat menonjol ketika ia menuturkannya di dalam narasi cerita, seperti terlihat dalam kutipan-kutipan penggalan kalimat berikut ini:

Berucap itu perlu untuk menindas kesunyian, tidak harus menangkal yang membawa akibat, jika ada keras dan juga lunak maka tak ada yang harus dielak. (dalam cerpen "Colibry")
 
Wajahnya kini kembali merona kala melihat kembang-kembang mencair bagai darah. (dalam cerpan "Berbicara Dengan Batu")

Aku menatap wajahnya, yang ditiriskan dari semua warna dalam rumah sakit yang steril terang cahaya, dan menggigit kembali kata-kata. (dalam cerpen "Bau Bayi Terapiku").

Aku meratapi dinding dengan meja yang kosong ... (dalam cerpen "Sang Painter").

Goresan Sahabat
  
Wow..... Ternyata cak Tri ini bukan sekedar kontributor berita yang aktif di situs internal perusahaan kami, tapi juga pelukis dan cerpenis dan entah segudang karya lain apa lagi yang belum dikeluarkannya. Dan itu semua bisa dilakukannya di sela-sela kesibukan sebagai seorang jurnalis internal yang kerap pekerjaannya rangkap-rangkap. Mengutip petuah dari dosen favorit saya "Where there's a will… there's a way…" Semua mungkin terjadi selama ada kemauan yang kuat. So, let's do it ! Sukses terus cak Tri.. Semoga bisa menular ke rekan-rekan yang lain. @ Enno / Endah Susilowati, - Communication Media - Corporate Communication - PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk.
Cak Tri menyuguhkan suatu bentuk kumpulan cerpen yang berbeda, bisa dikatakan mendekati satire. Pemilihan kalimat per kalimatnya mengajak pembaca pergi ke dunia lain dan memaksa mereka untuk menyelami makna yang dibawa. Saya bahkan dibuat penasaran mencari representasi alias benang merah dari apa yang dibaca dalam Cerpen Bau Bayi Terapiku dengan apa yang saya alami di kehidupan saya. Tetap Semangat Cak Tri!!!". @ Hanna Laila YD - Public & Marketing Communication - PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk.
Bau Bayi Terapiku, sebuah penelusuran karakter yang dituangkan dalam sebuah cerita lugas dan mudah dicerna. @ Nanang Kristyo - Quality Management - DCS II Timur

Cerpen yang apik penuh dengan intrik yang berbeda untuk membawa kita ke imajinasi tersendiri, juga menggelitik. Kumpulan cerpen ini patut untuk dibaca dan sepertinya penulis mampu mengangkat kehidupan masyarakat yang sederhana di kesehariannya. Saya juga menunggu cerpen karya lainnya atau sebuah Novel. @ A. Januar - Mahasiswa - UBHARA Surabaya
Saya dulu mengenal Tri adalah seorang pelukis realis. Namun kini saya sempat kaget kalau dia juga bisa menulis. Itulah sebuah proses sekaligus kreativitas visual menuju ke seniman verbal. Kang Tri yang lahir di Jembrana, Bali dan dibesarkan di Surabaya punya kemampuan kata-kata yang lugas dan slobok sorok. Itulah ucapan dan ciri khas seorang yang dibesarkan dengan kultur Surabaya. Kadang nyeletuk lucu, nylekit ... Kendati baru pertama kali menulis, apalagi dibikin secara sporadis (langsung sebagai kumpulan cerpen), namun patut diberi apresiasi. Tulisannya telah bercabang dan telah diberi ruh. Ruh inilah yang mula-mula menyemangati, sebagai daya juang semua cerita termasuk ruh untuk tokoh-tokohnya. Konon katanya, kalau ingin menulis, mulailah sejak kecil. Teori itu memang benar, tapi tidak seharusnya benar-benar. Karena menurut saya, belajar menulis awalnya dari kegemaran seseorang dari banyak membaca. Dari membacalah akhirnya merasuki sumsum imajinasi seseorang. Imajinasi yang berkelebat membuat instalasi tersendiri daya pikir dan daya juangnya. Cara menulis yang paling gampang memang ketika menulis kejadian yang menimpa pada diri sendiri. Cerita nyata itu membuat pelunakan cara menulis kita dan memuluskan hingga sampai ending. Adonan tulisan Tri dari cerita nyata dan khayalan adalah ramuan gaya khas tersendiri, sehingga orang menduga-duga, ini kisah nyata atau fiksi?? Selamat kawan, atas prestasi menulis kumpulan cerpen pertamanya: Bau Bayi Terapiku @ Okin - Movieholic dan sutradara/Scenario Film Indie ...........

Daftar Judul Kumpulan Cerpen "Bau Bayi Terapiku" Karya Tri Irianto
  • Bau Bayi Terapiku
  • Berbicara Dengan Batu
  • Colibry
  • Dokumen
  • Iklan
  • Kotak Hitam
  • Lelaki Dan Lembar Dolar Di Dalam Botol
  • Taman Berbunga Bakung Dan Kana (Lelaki Penghibur)
  • Memangnya Siapa Kamu … ?
  • Lelaki Dan Puisi
  • Mercusuar
  • Naskah Yang Dimusnahkan
  • Nyawa Ini Bukan Sepenuhnya Milikku
  • Paino
  • Sang Painter
  • Pohon Mangga
  • Sebaris Do'a
  • Serimpi, Lukamu Luka, Luka Yang Luka
  • Tamu Tak Dikenal
  • Dinda Bersama Bintang
Ingin mengetahui dan membaca isi buku keseluruhannya silahkan hubungi : 
Phone : 0331-7762789
E-mail : tri_ir@telkom.co.id; baubayiterapiku@gmail.com 
Atau di toko buku terdekat di kota anda


3 komentar:

  1. Selamat & sukses ya pak tri atas peluncuran buku kumpulan cerpen bau bayi terapiku

    BalasHapus
  2. Makasih Maz, moga segala do'a terkabulkan, Amin ya robbal alamin

    BalasHapus
  3. Moga menjadi inspirasi bagi kita semua

    BalasHapus